Monday, May 19, 2008

Renungan Kata Bismillah

Asalamulekum…

Tahukah sodara sodara dengan kata “Bismillah”, nah kali ini gw akan bercerita tentang sesuatu yg berhubungan dengan Bismillah, dan bagaimana Bismillah itu sangat penting untuk memulai segala sesuatu, segalah macam aktifitas alangkah baiknya jika diawali dengan Bismillah, bangun tidur ngucapin bismillah, kala berpergian ngucapin Bismillah, kala belajar ngucapin Bismillah, pokoknya jika segala sesuatu diawali dengan Bismillah insya Allah segala sesuatu yg kita kerjakan akan sesuai dengan yg kita inginkan…

Berikut ceritanya:

Disuatu desa disalah satu kota di permukaan bumi ini, ada seorang perempuan tua yang taat beragama, tetapi suaminya seorang yang fasik dan tidak mau mengerjakan kewajiban agama serta enggan berbuat kebaikan.

Perempuan tua itu sentiasa membaca Bismillah setiap kali hendak bercakap dan setiap kali dia hendak memulakan sesuatu sentiasa didahului dengan Bismillah. Suaminya tidak suka dengan sikap isterinya dan sentiasa memperolok-olokkan isterinya.

Suaminya berkata sambil mengejek, "Asyik bener yah ngucapin Bismillah mulu, Bismillah. Sebentar sebentar Bismillah."

Isterinya tidak berkata apa-apa sebaliknya dia berdoa kepada Allah S.W.T. supaya suaminya diberikan hidayah. Hingga suatu saat suaminya berkatapada istrinya: "Nanti suatu saat akan aku buat kamu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu."

Untuk membuat sesuatu yang dapat memeranjatkan isterinya, dia memberikan uang yang banyak kepada isterinya dengan berkata, "Simpanlah uang ini." Sang isteri mengambil uang itu dan menyimpan di tempat yang aman, namun di samping itu suaminya telah melihat tempat dimana uang itu disimpan oleh isterinya. Kemudian dengan sembunyi sembunyi suaminya itu mengambil uang tersebut dan membuangnya ke sumur tua di belakang rumahnya.

Setelah beberapa hari kemudian suaminya itu memanggil isterinya dan berkata, "Berikan padaku uang yang aku berikan kepada engkau kemarin untuk disimpan."

Kemudian isterinya pergi ke tempat dia menyimpan uang itu dan diikuti oleh suaminya, dengan berhati-hati si istri menghampiri tempat penyimpanan uang itu dan membukanya dengan terlebih dahulu membaca, "Bismillahirrahmanirrahiim." Ketika itu Allah S.W.T. mengutus malaikat Jibrail A.S. untuk mengembalikan uang itu dari dalam sumur tua itu ketempatnya semula, dan si istri mengambiluang itu dan menyerahkannya kepada suaminya kembali.

Alangkah kaget dan terheran herannya suaminya, dia merasa bersalah dan mengaku segala perbuatannya kepada isterinya, ketika itu juga dia bertaubat dan mulai mengerjakan perintah Allah, dan dia juga membaca Bismillah apabila dia hendak memulakan sesuatu kerja.


Namun terkadang karna kesibukan yang bertubi tubi dan kebimbangan manusia dalam me-manage diri sendiri terkadang melupakan dan menyepelekan kata Bismillah…

Wasalamulekum…

13 comments:

Eucalyptus said...

Subhanallah, akhirnya si tukang nanya kembali ke jalan yg benar.. he he... becanda lho...
Makasih udah ngingetin, kadang2 saya aja lupa memulai sesuatu dengan bismillah...

Mama Shasa Shahira said...

Nah Om.. pencerahan2 begini nih yang penting... manusia karena kesibukan sering melupakan hal2 kaya gini... maksaih ya.. postingannnya bisa lebih mempertebal iman.. hehehe..

Paams said...

amin....
situh sering bismillah nggak? kok dari tampang2nya gak meyakinkan? (berkata dengan sinis)
hhehehe, piss love and gaul.
bismillah.

Paams said...
This comment has been removed by the author.
Abimanyu said...

bismillah..
dengan nama ALLAH.. kata2 pendek tapi penuh makna.. dengan bismillah, insyaallah kita bisa menjalankan sesuatu dengan ihlas karena ALLAH.. dengan bismillah, ALLAH melindungi setiap gerak kita.. dengan bismillah, hati lebih tentram karena yakin ALLAH selalu bersama dia..

f.i.q.e.l said...

wah.
situ tobaat,yaaa?
*terharu*

nrl said...

eheehhe... kok jadi serius gini?
alhamdulillah tapi...

:::..Passompe..::: said...

dompetnya ilang yah bro?? sabar,.. Allah lagi minta om buat ber-amal ma kali..hehehehe

butul sekali ulasan mengenai bismillahnya bro,..mantepppp

**doain besok saia ujian tauhid***

Slugger said...

bismillah . . .
*sebelum ngasih komen skrg kudu baca ini dulu*

gud job oom....

mari kembali ke jalan yang lurus

Fiz said...

Jadi ingat sama cerita guru waktu SD dulu. Mirip ini...!!! Tenkyu dah ngingetin Bung :)

The Armstrong said...

@Ibu Eucalyptus: Yah sifat dasar manusia adalah "lupa"

@Mama Shasa: Hehehe skali skali boleh kanzz.. :P

@Ibu Pams: Alhamdulilleh bu' tapi sering kelupaan juga ce.. hehehe :P

@Bung Abimanyu: Amieenn...

@Ibu Fiqel: heheeh iye ^_^

@Ibu nrl: huehehe skale skale...

@Bung Ipang: okeh bung, smangat kuliahnya gw doain smoga bisa...

@Bung Slugger: Yukzz marii...

Bung Fiz: sama sama bung... saling mengingatkan...

Makasih semua yah buat komengnya...

pudi-interisti said...

Kapan Jadi ustadz nih? badan kamu gak demam kan? Kamu gak sakit kan? gak biasanya deh kamu bertingkah kayak gini? Tapi mendingan sakit gini, daripada waras seperti biasanya! He...Astaghfirullah

The Armstrong said...

@Bung Poo: huwaaaaaaaaaa bung blom tahu yeee kalo saia tuh sebenarnya orang waras yang ;agi akting jadi gila!!! (tapi keknya udah gila beneran neh?)

Hidup itu harus penuh dengan warna bung agar tidak terasa membosankan..

Thanks before...