Monday, May 12, 2008

The Armstrong Story Part 1

Asalamulekum…

BAB I: Epilog...

Hehehe setelah mengingat pepatah yang pernah terbesik ditelinga gw yang berdendang "Tak kenal maka kenalan dulu", tuh pepatah yang gw dengar bener ato ga (gw ga peduli), yang jeals gw mo perkenalin diri gw dulu karena sekian lama orang mengenal nama “The Armstrong” tapi kagak tahu sapa sih sebenarnya dia, coz disamping dia tuh keren and menawana, rajin menabung di celengan bamboo, rajin ngerapiin rambut, rajin sikat gigi tapi mulut bau, rajin membersihkan si Jimmy (my vespa) kala pagi hari menjelang... Hehehe (pake logat Shinchan)...
Oke, nama gw yang sebenarnye seh adalah (**** ********) tapi panggil saja gw neh “The Armstrong” ga peduli apa mao kata orang yg jelas gw cuman mao bilang kalo mao niatan temenan ama gw, toh “Apalah Arti Sebuah Nama” (hualah soknya)… setelah dapat cerita dari orang orang yg kagak dikenal konon aseli dari hasil rapat besar besaran keluarga gw pada tanggal 25 Agustus 1988, bertepatan 2 hari setelah gw hadir dimuke bumi ini (23 Agustus 1988) pada jam 18.15-18.30 (tuh tahun perang diponegoro kan), ke 3 kali gw mengoek ngoek ga jelas yg mampu membuat seantero rumah kalang kabut, 89 kali gw E'E' di berbagai sector dalam rumah gw, 9 kotak susu bubuk ludes gw embat mentah mentah, 87 kali nge-goda anak pak RT yang kebetulan tetangga gw yang cantik itu loh anaknya alim pake krudung n kaca mata kalo senyum tuh lucu bangetss, dan 4 kali maen bola denga Maradona dalam mimpi, beserta 8 kali nonjokin anak kambing tetangga sebelah yang selau aja mengembek (halah semakin ngawur), dimana rapat gede gede an itu dihadiri langsung oleh Bokap gw (sebagai Pemimpin rapat ato PRT, bukan Pembantu Rumah Tangga ye..???), Nyokap (sebagai Sekertaris PRT ato SPRT) , Oma (sebagai Penasehat yah jelaslah rajin minum Susu kok), Opa(sebagai Penasehat juga karna takut Osteoporosis), Kakek (ikut2 jadi Penasehat), Nenek (same ikut ikut juga jadi Penasehat), beserta Sepupu2 n beberapa kompi keluarga laen (yang jadi supporter... halah neh kayak pertandingan balap karung aje ye, pake supporter), dan tak lupa juga dua ekor kambing muda sebagai korban buat nama gw yg aseli… trus tempat rapatnya adalah Rumah gw (yah jelaslah masa dikandang seh??) … di salah satu kota kecil yang sangat berkembang yang bernama Makale (hah bukannya tuh desa terpencil yang jauh dari peradaban??), di kabupaten yang sudah tak lazim lagi didengar dan sangat beribawa Tana Toraja (kalo ga tahu brarti kagak punya tivi), di propinsi Sulawesi Selatan (yang bentuknya mirip huruf “K” klo liat peta Indonesia), yah tentu sahja di Negara Indonesia tercinta, dan ter korupsi... Ehmmm apa ada percaya kalo gw neh skarang baroo berusia 19 tahun???

Waktu kecil umuran 2 taon gw udah dibawa ama tante gw yang “Maniak Masak” ke Pare-Pare (kota tempat kelahiran B.J. Habibie) coz kata tante gw yg maniak masak itu yg kebetulan PNS (pegawai negeri sipil) trus lagi di tugasin kerja di Pare-Pare and dia minta izin ke Nyokap gw tuk bawa gw ikut serta (katanya seh gw anak Nyokapku yang paling imut gitu), tuk diasuh dan tuk nemenin dia tinggal disana beberapa taon, waktu itu gw masih berumur sekitar 1 taon, jadi blon tau apa2, nama tante gw “Tante Li’”... disana gw dikurung disuatu rumah (yah kayak ayam dunk??) ga bisa keluar tuk ngegoda cewe’2 lah, ngeceng di mol lah, dan yang paling bikin gw suntuk gw gak bisa keluar tuk jumpa pers (yah, jalan aja belom terlalu lancar, dan ingus aja belom bisa bersihin sendiri mo ngegodain cewe???)... Gw disana sekitar 2 tahunan, dan tiap harinya gw di-opor (bukan makanan!!) kayak maen bola gitu ama teman kerjanya tante-ku, mana semuanya tante2 lagi, ga ada yang masih muda lagi, hari ini ama tante Teresha, besok ama tante Diana, besoknya lagi ama tante Nirmala, dan beberapa tante2 lagi yang udah gw lupa namanya, wah gw kayak maenan pengusir bosan ama tuh tante tante... untung aja gw ga disiksa kayak di film-film, disiram aer panas lah, disetrika lah, di-injak-injak lah... dan yang lebih parah lagi untung gw ga di jual di pasar loakan... hahaha untung aja yah... tapi ada yang membekas dari tuh tante tante ama kesehatan fisik gw yang untungnya dah sembuh waktu gw masuk pesantren, yaitu “Tembem kayak Bakpao” di Pipi gw, gimana ga tembem klo tiap hari ketemunya ama tante tante trus pipi gw diremez remez kayak Indomie, trus tante2nya ada banyak lagi, dan akhirnya waktu gw balik ke kampung halaman gw yang tercinta Tana Toraja, yang terasa bagaikan “Setitik mata air, ditengah Gurun”, dengan sukses nyokap gw ngatain gw “Duh beli bakpao kok di taruh di muka???”, gila banget tuh masa nyokap gw bilang pipi gw bakpao?? Tapi intinya seh gw masih imut ann keren gitu dunkzz... Juga gw neh pintar masak loh?

Setelah beberapa tahun berlalu, tepatnya waktu gw kelas 2 SMA, tuh tante tante yang kmaren ngasuh gw, pada datang ke rumah gw, kan kebetulan juga hari itu abis lebaran gitu, dan kata mereka mau reunian di rumah gw... trus gw bilang dalam hati (“Mati gw!!! jangan2 mereka datang tuk membuat pipi gw jadi kayak bakpao lagi”)... dan tenyata mereka emang nyariin gw, dan berikut cuplikan dialog gw dengan tante2 itu di rumah gw:


Gw: Waduh mati gw, jangan2 mereka nyariin gw mo di jadiin bakpao lagi!!!

Tante Li: Armstrong, ini loh tante2 yang kemaren ngasuh loe di Pare-Pare??

Gw: Oh... (dalam hati gw bilang ini toh yang ngebuat gw jadi Bakpao)

Tante-Tante: Haiii, Armstrong (mereka serempak manggil gw)

Gw: Tersipu malu... (disapa banyak tante tante yang lagi haus darah)

Tante Teresha: Wah sekarang Armstrong dah gede’ yah, tambah ganteng lagi?

Gw: (dengan gaya sok keren gw jawab) Oh iya donk tante, kan udah gede’?

Tante Teresha: Tante cuman bercanda kok..??

Gw: (dengan mimik super dongkol gw jawab) Makasih..??

Tiba tiba Tante Diana yang super gueedde’ dateng dan nyapa gw..

Tante Diana: Hayy Armstrong, kabarnya gimana?

Gw: Baik-baik aja Tan... (Tan...ker gw terusin dalam hati)

Tante Diana: Udah punya pacar blom??

Gw: Belom? (dengan mimik jomblo keren ato disingkat JOKER)

Tante Diana: Wah gak laku yah, duh kasihan..??

Gw: (Lagi2 super dongkol) gw jawab MAKASIH...

Trus gw liat di kursi si tante Nirmala dah mo bangkit dari tempat duduknya tuk nyamperin gw, gw dah mikir pasti neh tante mo ngeledekin gw juga, lau gw ngambil inisiatif... dan gw pun bilang ke tante2 itu..

Gw: Maaf yah, tante2 aku mau ke rumahnya teman aku dulu yah, dah ditungguin neh... (gw ngucapin dengan gaya anak SD tahun 80-an, dan langsung cabut ninggalin mereka... dalam hati gw tertawa kemenangan... HAHAHA)


Gw sempat nengok kebelakang, liatin mukanya tante Nirmala, duh gw sempat ibah juga seh ngeliatin dia, tapi yah sudahlah... paling dia juga cuman mo ngerjain gw juga, koz kan secara gw keren so sapa seh yg kagak nafsu buat ngerjain gw...heheehe...

Dari kecil gw dah jadi orang keren yang selalu memikat hati semua orang yang ngeliat gw, dimulai dari Nyokap gw yang selalu ngasih gw uang jajan sebelum kesekolah (karena katanya gw keren n rajin menabung... gak nyambung kan??), dan juga Bokap gw yang dari kecil sampe gw SMP kelas 3 selalu setia membuat pantat gw membiru kayak tempe gosong dengan pemukul Rotan andalannya yang selalu digantung didepan kamarnya (konon katanya kenakalan gw tuh keren keren semua sampe2 ga lazim dilakuin oleh anak2 seumuran gw), kayak mecahin gelas, piring, sampe ngebanting-banting sofa n makan sambil ngupil di meja makan, dan tak lupa juga gw corat coret dinding dengan bahasa yang gak layak diucapin anak2 seumuran gw klo lagi kesel ketinggalan nonton film Power Ranger di minggu pagi (ya iyalah pantesan sering di tabok ama Bokap)... dan ritual rutin gw klo hari minggu dari jam 6 pagi sampe jam 1 siang tuh nonton film cartoon di depan tv... sampe makan juga di depan tivi, jungkir balik ama sodara sodaraku di depan tivi, gigit jari coz terlalu seriuzz nonton tivi, segala sesuatu gw lakuin didepan tivi pada jam 6 pagi sampe 1 siang didepan tivi kecuali dan hanya satu yang ga pernah gw lakuin bahkan ga pernah mau gw lakuin coz gw tau resikonya yaitu... E’ E’... (ya iyalah gw bisa dibunuh ama Bokap gw klo ketahuan E’E’ didepan tivi)... sampe jadwal film yang disiarkan di RCTI, SCTV, TPI, dll, gw hapal bahkan gw buatin list-nya didinding kamar gw... dan kegiatan ritual gw ini berlangsung sampe gw tamat SMP, coz waktu SMA gw di Asramakan di salah satu pesantren n parahnya dan bikin gw dongkol dan sempat menggegerkan alam sadar gw bahwa disana ga ada tivi... gw sempat histeris beberapa saat, dan membayangkan diri gw ada di zaman “Pra Sejarah”, dimana peradaban tenatang tivi masih terasa tabu di dengar, padahal separuh hidup gw ada di tivi... hikzz...

Prinsip gw adalah “Melakuin Apa Aja Selama Gw Bisa Lakuin” (original dari gw), “Impossible is Nothing” (logonya NIKE), “Today Better than Yesterday” (prinsipnya Nabi Muhammad), dan gw paling cinta ama yang namanya SENI, diantaranya: Graffiti, Caricatur, Gambar, Lukis, Corel Draw, Masak, sampe seni Tari juga gw suka, terutama Tari Salsa, Theater, tari Capoera, (tuh tarian apa karate yah..)... pokoknya smua yg berbau seni gw suka lah… Seniman Gila...

Neh sekedar kapur sirih-nya buat pangan nenek2 yang tinggal di desa dari gw...

Wasalamulekum…

17 comments:

Fiz said...

Brarti dari tanggal 23 sampe 25 Agustus 1988 statusmu masih ANONYMUS ya??? Ck...ck...ck... *geleng-geleng

Don Danang said...

Siapakah nama anda sebenarnya?? Lahir taun 88?? qrain lebih tua dari gue.

Pasang dong foto tante2nya. Gue kan mu liat. hehehe

Eucalyptus said...

Wakakakak, kesian banget kamu udah rajin gosok gigi tapi mulut masih bau... hue he he...

Halah, tu tante2 mau apa? Wuaaaaa,,,, syerem ah... untung gak ada kelanjutannya, bisa2 di sensor tuh...

Mama Rafi said...

untung bgt dah besarnya ga doyan tente2 ups..hehe..
wah gt ya jalan hidupnya kyk panjang bgt ternyata br 19 thn whuaaa..dirikyu jd berasa dah tua bgt hiks

rizky said...

Bung asmstrong gila??? tapi gue suka gaya lho... punyak prinsip yang bagoos!!

dan kita sebagai seniman gila, tidak boleh mendahului soal cewek bung?? betil gak..
kalo lo suka masak, aQ suka masakkan yang da mateng lalu aQ makan

nico wijaya said...

Eh,gw dulu pertama2 bc id lu amstrong lo, kurang r nya:D

.ngga. said...

ya ampun trong, jadi lu masih dibawah gw??? paen gw panggil" mas selama inih?????? ampun deh!!! lagian muka lo uda tua banget.. ga nyangka gw kalo elo masih dibawah gw.. yah walopun beda2 2 bulan, tapi kan ttp aja gw lebih tua.... panggil gw kakak mulai skr! ga sopan lu dek...HOHOHO....

The Armstrong said...

@Bung Fiz: Hahaha sbelom lahir udah ada kale namanya bung, tapi lom resmi dipakein, kata orang orang dulu tuh blom afdal kalo lom di potongin kambing dolo...

@Bung Don Danang: nama, hey itu rahasia bung... hehehee... tapi nama aseli saia keren kok :P
saia kagak punya kamera bung T_T

@Mbak Eaucalyptus: hahaha yah ngga lah mbak, hmmm mbak ini pikirannya...

@Mama Rafi: HAhaha doyan tante tante... hmmm... yah nggaa lah... :P
Hehehe saia ternyata masih brondong...

@Bung Qie: huehehe soal cewe yah bung, mending bung qie duluan aja, saia belakangan... hiya bung saia suka bangets masak... :P

@Bung Nico Wijaya: Hahaha slaah liat kale bung... :P

Makasih komengnya yah? ^_^

Tony said...

oh amstrong itu nama asli ya? aku kirain pinjam yang naik ke bulan itu hehehe *sori becanda*

Vina Revi said...

Kayaknya Perang Diponegoro itu tahun 1825-1830 deh, Trong! eh, bener kan nicknamenya jadi 'Trong'? :)

Abimanyu said...

Terong ajalah.. lebih familiar dgn kuping saya!! wkwkwkwk.. ternyata saya lebih tua yak!! eh.. enggak dink.. saya kan berasa muda selalu.. rasa2nya masih 17 tahun saya ini..
btw.. tante2Mu gokil2 yak!!???

NiaRama said...

sejujurnya gw ga ngerti cerita lo!!! sumpah!!! apa karna loading gw sedikit lambat???(ga mungkin!!!)

ooohh ya!! gw tau!! karna gw bacanya loncat2(bukan sambil loncat2)

eh salam buat jimmy, dy itu sejenis vespa ya?? mang si Luna mau gitu jalan pake vespa lo???

The Armstrong said...

@Ibu Ngga: hahaha makanya saia panggil ibu ngga, supaya keliatan lebih tua dari saia gitu, dan ternyata bener kan... :P
keknya lebih mantaf pangil ibu deh... ^^V

@Bung Tony: The Armstrong itu nama samaran saia, eh bukan amstrong loh? ada huruf "r"nya...

@Ibu Viva Revi: Hehehe kalo trong mah nama sayur bu'... hehehe :P

@Bung Abimanyu: Huehehe kmane aja bung baru nongol... hmmm ape bener tuh bung kalo bung tuh berasa berusia 17 taon???

@Ibu Niarama: salam kenal yah sbelumnya... hmmm keknya bukan ibu aja deh yg ngerasa gitu kalo cerita saia emang kagak mudah dimengerti... hahahaha... itulah saia... :P

Makasih yah semua komengnya...

~ tc ~ said...

ough.. tulisan yang penuh dengan kenarsisan abeeesss...
:P

f.i.q.e.l said...

lw lahir 88?
Eduun.
muka lw boros amiiit.
Hha.

The Armstrong said...

@Ibu TC: Hidup narcissss abiesssss...

@Ibu Fiqel: HUEAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA kurang asem, masak imut kek gini dibilangin muka boros seh? :P

Makasih komengnya yoo...

pudi-interisti said...

aapa Ortu U sibuk dengan perayaan Agustusan, sampai gak sempat ngasih nama?