Monday, March 10, 2008

Ekspedition Lawu Mountain

Asalamulekum...

Expedisi ini sebenarnya dah lama juga seh, dah sekitar 1 taon 11 bulan yg lalu tepatnya tanggal 15 Mei 2006... Neh pertama kalinya gw menjelajahin gunung yg termasuk salah satu tertinggi di daratan Jawa ini... Inilah Putonya: Hahaha... (biar diatas gunung bisa bernarcist jg bo'?)
Duh klo liat neh poto ini jadi teringat waktu diatas sana dulu, mana diatas puncaknya tuh duiiiingin buanget bo'...? huiizzz... berikut kronologis cerita kenapa gw bisa nyasar keatas gunung Lawu tersebut...

Waktu itu hari begitu terik panas gile banget, dan gw lagi ngadain ritual harian gw dalam kamar... HAH ritual? iya ritual gw tuh tidur tiduran sambil nonton tv *espesially gosip* tangan kanan megang toples cemilan, trus tangan kirinya megang remot tv, trus kipas anginnya di stel paling kenceng, coz panas banget seh? Tiba tiba pintu kamar gw langsung di masukin 4 makhluk aneh bertampang bloon nan berantakan (mereka2 nyang ada dipoto daitas ntuh?) mereka masuk tanpa salam terlebih dahulu (halah)... si "Sogan" ngambil cemilan ditangan kiri gw dan dihajarnya dengan tanpa tarikan napas sampe cemilan terakhir, si "Ayi" ngambil remote tv dari tangan kanan gw dan langsung pindahin channelnya (yang sebelomnya lagi nayangin gosip terbaru)... dan yg dua lagi naek keatas kasur gw... dan terjadilah percakapan sebagai berikut:

Gw: (mengamuk) "woy kalian ngapain seh?"
Adib: (yg keliatan agak sopan padahal berjiwa liar) "ayo naek gunung yukz?"
Sogan: (sambil ngunyah cemilan) "iya, men ayo naek gunung yuk, kan kebetulan lagi liburan semesteran"
Gw: "malas ah?? emang nyang ikut ada berapa orang?" (sambil ngelihat keluar kamar)
Yunan: "sebenarnya seh banyak orang? tapi pada sibuk semua katanya?" (sambil ngupil *LOH?*)
Ayi: (orang yg pendiam ikut ngomong jg) "Iya men, kan loe lahir digunung Tana Toraja, jadi bisa jadi penuntun jalan kite kite?
Gw: "jadi loe pada mo jadiin gw "front man" pada ekspedisi naek gunung ini? (manyun)
Adib: "yah, itupun klo loe berani?" (mandang enteng gw?)
Gw: (merasa tertantang, coz gw kan pencinta adventure) "yaudah deh, gw ikut?"

Setelah cerita gw penting tadi, gw pun nanya ke Adib yg katanya dah pernah naek ke Gunung Lawu tersebut, peralatan apa aja yg musti dibawa? dia dengan enteng bilang bawa aja jaket ama satu baju? gw pun nurut dibawah ini peralatan yg gw bawa naek gunung:
1. Ransel (butu warna kuning)
2. Baju 2 pasang (satunya dipake)
3. Jaket (yg lagi dipake)
4. Celana Pendek (yg lagi dipake)
5. Sandal Jepit (yg lagi dipake)

Hahaha... peralatan yg sangat sederhana sekali, gw kan ga tau gunung Lawu tuh kayak gimana? kirain cuman gunung kecil yg ga dingin?...

Kita berlima pun memulai perjalanan menuju gunung Lawu, denga terlebih dahulu naek bus jurusan Solo trus dari Solo naek bus lg ke kampung yg namanya dan setelah berangkat dan sampe di Tawamangu...
Setelah nyampe di desa Tawamangun yg memakan waktu 4 jam-an dari Jogja-Solo-Tawamangun, perjalanan kita pun dilanjutin denga naek Angkot menuju dasar gunung Lawu, diatas angkot ini pun penuh dengan nenek nenek yg dah mo balik kerumahnya, makan sirih lagi? (maklum neh lagi dipedalaman), trus gw ama anak2 yg laen pada nyimpit nyimpitan coz barang barang yg dibawa ama nenek2 tersebut buanyakk banget dimulai dari sayur mayur sampe buah buahan dimasukin semua dalam karung, dan sumpah sumpek banget... gw kirain jarak dari desa ntuh ke dasar gunungya cuman bentar... dan ternyata jaraknya tuh memakan waktu 3 jam-an... mana jalannya belok belok lagi... pusinggg...

Ahhh akhirnya nyampe jg di dasar gunung pada waktu maghrib-an, kita pun prepare disebuah warung kopi yg terpampang di depan jalan pintu masuk ke Gunung Lawu, disa kebetulan ada musholla, yah kita2 sholat maghrib dulu, dan gilanya aer krannya tumpingnyah duingggiiiin banget bo'? pas nginjak lantai keramiknya jg dinginnya minta ampun? dan pas gw buka jaket masyaoloh dinginnya... blom jg nyampe dipuncak dah dingin gini?? dan sambil nunggu sholat isya kita ngopi dulu di warung ntuh sambil ngangatin tubuh, dan tak lupa masang jejak berupa stiker trus kita2 tandatangani, sembari berpose... tadaaa... narcizt never die...

Setelah sholat isya dan ngopi kita pun memulai perjalanan ekspedisi ini, pertama tama nulis nama trus bayar uang administrasi didepan pintu gerbang (untuk jaga jaga sapa tau ntar kesasar? kan dah ada jejak!) kita masuk gerbangnya jam 8-an (malam tentunya), dengan senter ditangna kanan, gw pun jadi front man... menusuri jejak demi jejak dijalan setapak... setelah 2 jam-an akhirnya kita sampe di pos 1... HAH... disini tuh ada 6 pos loh? mana jalannya terjal lagi... mana anak2 yg laen pengennya istrahat mulu... bentar bentar istrahat... yaudah deh gw ngambil inisiatif tk duluan naek sampe ke pos 2 sendirian... dah nyampe dipos 2 mereka blom nongol jg gw pun melanjutkannya dengan gagah berani menuju pos ke 3, dan ternyata disana ada rombongan anak Kedokteran UGM yg juga lagi "hiking" gitu? gw pun mampir berteduh, coz mereka lagi buat api unggun seh? gw kenalan dan cerita cerita ama mereka sembari nungguin yg laennya nyampe ke pos 3 (waktu dah nunjukin pukul 1.00)... dan pas pukul 4.00 kita2 dah nyampe di pos 6, yes akhirnya nyampe jg!!! kita pun nyari tempat strategis tuk masang tenda... setelah masang tenda kita pun masak mie (coz cuman ntuh bekal yg kita bawa)... dan setelah makan kita pun tidur deket api unggun... duh mana tidutrnya dempet dempetan supaya ga dingin lagi... hikzzzz yang laennya pada bawa peralatan tidur, ada yg bawa sarung, selimut, bahkan si Adib bawa "sleeping bed"... gw bilang kurang ajar... klo tau dari tadi bahkan seperti ini...!!!

Pas paginya kita menelusuri menuju ke puncak, paling puncaknya gunung Lawu kita tentu saja poto dulu... hahaha... ternyata ada bapak polisi yg lagi mengitari gunung lawu, mencari orang orang yg lagi kesasar *LOH* yah kita pun ajak bapaknya poto, dan dia pun manggil istrinya yg kebetulan senantiasa nemanin dia naek keatas puncak (duh rumantisnyuuuu)
Dan setelah puas keliling keliling dan berpoto poto ga jelas, bahkan sampe nyari jalan baru, kita pun kelelahan dan ngambil inisiatif tuk segera pulang... sekali lagi kita berpoto yukzzz, gw ngajak ana2 yg laen, dan mereka dengan semangat menjawab ayoo!!! hahaha... kami baliknya jam 3 sore... dan pas nyampe dikos langsung tidur selama 2 hari, dan pas bangun kaki susah banget digerakin...

Sekian dulu cerita ekspedisi kali ini yah?

Wasalamulekum...

6 comments:

Mama Rafi said...

wah bangga dong jadi front-man :)
btw aku kepingin bgt dl ngerasain naek gunung tp ga kesampean n skrg dah keburu tuek hehe..

The Armstrong said...

mama rafi: HAH bangga mbak? yah ngga lah? klo ada binatang buas didepan kan saia yg pertama dimakan!!! hahaha... :P

makasih yah komentnya...

Eucalyptus said...

Halah naik gunung tanpa persiapan? Nekad, nekad

The Armstrong said...

eucaliptus: hahaha, sbenarnya bukan nekad seh? tapiii tepatnya "goblok" :P coz dah tau mo naek gunung, ga bawa persiapan naek gunung ... hehehe... :D

pudi-interisti said...

Wah....kenapa juga keren kok masih tetep kere, adanya tuh keren,banyak uang,banyak cewek. Jarang tuh orang bokek berpenampilan keren. Gimana?

The Armstrong said...

pudi-interest: hahaha kalau sama gw mas, semuanya tuh bisa2 aja!!! coz "nothing impossibble"...