Wednesday, August 13, 2008

Ekspedition of Merbabu Mounth

Asalamulekum…

Sabtu, tanggal 2 agustus 2008 jam 15.00

Disore hari nan cerah, matahari yg terik menyengat dan belom sedikitpun menandakan raut sinar yg letih karna telah menerangi dunia dari menyingsingnya fajar tadi pagi hingga mejelang terbenamya nanti… namun masih dengan semngatnya membuat dahaga menjadi kering kerontang, dan membuat orang2 yg dari tadi lalu lalang melakukan aktifitas sehari hari di jalan gang ontorejo mulai sepi, dimulai dari bapak penjual bakso keliling, penjual somay, hingga penjual kehebatan piaraannya “topeng monyet” pun udah hilang dimakan sore hari yg menjelang…

Rasa penat akan keseharian dikampus menjalankan misi tuk mengejar masa depan yg smakin membosankan dan semakin membuat rasa ingin terbang kelangit ketujuh dan bersenda gurau dengan khayalan akan bintang yg sebenarnya seorang bidadari dan selalu setia menemani bulan menyinari angkasa…

Yasudalah ngawur ngawurnya…hahahaha…

Pasti pada bingung kan???

Yup that’s the point, to make all people that confused…

Hmmmm… by the way apa kabar neh smuanya? Baek baek ajah kan? Hope our God still blessing your all…

*****
Okeh lanjut ke cerita…

Merbabu adalah sebuah gunung yg terletak di bagian tengah pulau jawa, dengan ketinggian kurang lebih 3125 diatas permukaan laut. Gunung ini tepatnya berada di sebuah kota yg terkenal dengan kue “wajik” (hmmm sumpah gw juga belom tahuk neh kue wajik itu kek apa???) ada yg tahuk kagak? Gunung merbabu ini terkenal sebagai sebuah gunung yg “mati” dimana hamper kagak ada kehidupan disana, boro boro mau nyari kucing garong, ato bahkan ada yg nyari dewi persik anisa bahar, dan juga inu darasista, gw wanti wanti dengan sangat berbela sungkawa jangan sekali kali nyari mreka di gunung merbabu… ingat jangan dicari disana… beneran loh?

Jadi waktu itu kan sore hari, gw lage nyantei dkamar cos abis tepar kenyang euy abis makan siang menjelang sore… perut kenyang pun semakin terasa nyaman ketika siaran tipi pun membelai belai gw dengan gossip gossip terpanas ala insert di trans tipi, dan tiba tiba…

“gdor, gdor, gdor, gdor” (suara ketukan pintu kamar gw…)

“sapa? Klo mau minta sumbangan jangan, bukan disini tempatnya…”

“ini gw nyet, Yunan…”

Deskripsi tentang Yunan: asal jepara, kuliah di jurusan hubungan international kelas regular seangkatan dan sekosan ama gw, rabut ukuran vokalis the massif, klo jalan biasanya kek orang yg lageh kebelet boker…

Singkat cerita gw baru ingat klo hari ini saatnya gw, Yunan ama beberapa anak yg laen dan ntar gw sebutin namanya bakal mendaki gunung merbabu yg udah kita sepakati sedari dahulu kala (beberapa minggu lalu…) dan dengan sukses gw lupa akan hal ini, dan sehabis makan kan biasanya badan susah tuh digerakin dan gw hamper aja nolak rencana tuk daki gunung… tapi dengan bujuk rayu dari si Yunan ini (panggilan bancinya Yuni) gw pun beranjak...

Dengan agak lemes gw berdiri dan regangin otot gw yg kagak kaku, trus siapin peralatan buat naek gunung diantaranya:

Tas yg isinya senter, 2 buah jaket, sendal jepit, kupluk, tali, dan sebagaimacam benda benda kecil yg kagak usah gw ceritain... karna yg gede2 yah cuman itu diatas...

Kita pun kumpul di base kampnya orang orang alim (baca: anak pesantren) "green house", rencana awal kumpul tuh jam 15.30------------- dan ternyata baru datang semua waktu jam 17.15 sore... bayangkan "ngarettttttnya" merekaaa... damn...

Karna lokasi gunungnya cuman berada di kota sebrang Jogja, baca: Magelang... so kita brangkatnya kesana naek motor ajah...

Dan kali ini gw musti bersedih karna eh karena gw harus dengan lapang dada meninggalkan "SOUL MATE" gw... si JIMMY. (beloved scooter).. dikosan... maklumlah umur si jimmy keknya tidak memungkinkan untuk gw bawa serta... dan diadakanlah acara tuk perpisahan gw untuk sementara dengan si Jimmy dengan motong tumpeng ama injak injak leher... maafkan gw Jimmy ini cuman untuk 2 hari... hikzzz...

Setelah diputuskan oleh 8 orang personel yg bakalan ikut, so inisiatif untuk saling bonceng membonceng ajah perginya pake 4 motor dan motor yg kagak dipakai disimpen ajah dalem toples, yah kagak lah, dikosan tentunya... berikut formasinya dan ciri ciri orangnya:

Gw (yg keren nan imut) dibonceng ama si Mahmud (mahasiswa gokil dari mesir...).

Si Woko (berbadan tiga kali lipatnya gw..) boncengan ama si Buchex (orang yg paling item dan kagak punya expressi dimukanya...)

Si Why (orang yg bermuka tua dan berjidat kinclong...) boncengan ama si Bambang (yg ngaku2 anak pramuka sejati...)

Si Yunan (yg sok kagak merasa dingin diatas gunung dan baliknya sakit deman 4 hari) boncengan ama si Bedu (orang yg gemuk tinggi itam juga...)

Dan perjalanan pun dimulai...

ki-ka: gw (jamper biru), Mahmud (paling depan), Bambang (belakangnya Mahmud), Buchex (belakangnya Bambang), Why (pake helm), Yunan (pake topi samping Why), Woko (samping Yunan)

Pemberhentian pertama di "Warung Makan Tumpang" di Magelang, warung ini menyediakan Nasi Brongkos ama Nasi Mangut (mah loe??? apaan ini???) karna penasaran gw pun nanya ke ibu yg jual: dan ternyata Nasi Brongkos itu adalah Nasi dengan Daging Sapi yg dipotong persegi empat trus dimasak diatas lemak lemak sapi yg udah dicampur dengan bumbu rahasia... dan Nasi Mangut adalah nasi yg pake ikan yg diambil dari sungai ato ikan tawar gethooo loh, tapi lagi lagi ikan ini dimasaknya pake bumbu2 rahasia juga... kira kira gethooo...

Kita mampir disini karna kira kira inilah warung terkahir yg bakalan kami lewati, dan saatnya lah makan sepuas puasnya disini sebelom lanjutin perjalanan... DAN TAHUKAH SODARA SODARA DISINI ITU HARGANYA MURAHHHHH BANGETTTTT, masak nasi pake daging sapi, telor ceplok, oseng oseng tahu, sama es teh tuh harganya cuman 6000 rupiah FANTASTIKKK... DAN INI JUGA NGAMBIL SENDIRI LOH...

Setelah makan perut kenyang tak terkirahkan kita pun lanjut...

Mampir lagi...Nah disini ini adalah tempat untuk nitipin motor motor dan saatnya untuk berjalan kaki capek ria, nama base campnya "Mitra Indah", dan karna ini berada dikaki gunung, cuaca pun mmulai menggila DINGIN BANGET... dan gw pun beli kaos tangan item (liat digambar orang keren pake jumper biru) setelah beres beres disini (baca: prepared) kita pun mulai berangkat setelah istirahat 30 menitan...

Jalan kaki pun dimulai...
Jadi di Gunung Merbabu ini terdapat 5 buah pos dan jarak tiap pos ke pos itu memakan waktu 1 jaman untuk waktu normal, dan karna kami ini membawa satu buah species yg mirip ama "banana boat" baca: Woko... so keknya bakal nambah setengah jam waktu tempuh tipa postnya...Akhirnya sampe juga di pos 1... liat wajah wajah mereka yg masih keliatan seger... hahaha ini hanya bersifat sementara... Istirahat 5 menitan dolo... gw lirik si Woko yg kalo dikiloin beratnya sampe 110 kg, masih agak kuat mendakinya...

Lanjott...Dipos 2 si Woko ternyata udah terkulai lemas tak berdaya... dan memutuskan tuk tinggal aja dipos 2 trus baru lanjut ntar kalo udah pagi... hehehe bye Woko... kita pun melanjutkannya, dan si Woko di tinggal di pos 2 yg ditemanin ama Mahmud...

Lanjutt...

Karna keasikan menapaki gunung terjal yg berupa gumpukan tanah dan batu batuan... kita pun kelewatan pos 3 dan baru sadar ketika udah nyampe di pos 4 hehehe...

Oh iyaaa gw punya poto2nya waktu lagi SUN RISE... tapi ketinggalan di handy camnya si Mahmud dan lupa gw kopi... GILAAA KEREN BANGETTTTT...

Ini udah pagi, dan kita istirahat bentar di pos 4... dan ternyata udah banyak orang yg lebih dolo nyampe kesini... dan sebagian besar dari mereka adalah anak anak dari Kupang Indonesia Timur... kali ini gw yg megang kamera (baca: pinjeman) dan gw pun ngeluarin kehebatan gw... jepret sana jepret sini...

di sana tadi gw liat SUN RISE...
3 gunung yg berjejer disana itu ki-ka: gunung Sumbing, Slamet, ama hmmm kagka tahu...
Nah inilah jalan yg bakalan gw ama rekan rekan tempuh tuk menuju ke pos ke lima yg berada sebelum "Jembatan Setan"...

Tapi tunggu dolo... masak kagak ada potonya gw... hohoho terasa kurang lengkap geman gethoo...
Dijepret setelah dapet instruksi dari gw...
Hmmm masih kurang?

Neh...

Terbang....
Liatlah awan dibawah sana...

Setelah istirahat disini, yg hampir sejaman, kita pun masak masak dan guling guling minum teh ama kopi... trus trus trus narcis narcisan deh tentunya... hohoho...

Oh iyya sebenarnya gw tuh mau ngatakan cinta loh diatas gunung merbabu ini... coba liat gambar dibawah ini...

Nah loe sapa yah cewe yg beruntung itu??? Masih suatu pertanyaan yg membeingungkan...

Perjalanan pun dilanjutkan...
yg udah dilewati...
yg nunggu tuk dilewati...
Selang sejaman akhirnya pos lima pun kita taklukkan... neh buktinya...
Inilah "jembatan setan" yg musti dilewati setelah pos 5

Sedikit cerita mistis tentang jembatan ini, kata orang orang yg udah mendaki gunung ini, kalo melewati jembatan setan dengan penuh dosa yg melekat di hati maka akan terombang ambing oleh angin dari kiri dan kanan, dan tentu saja salah sedikit bisa langsung tersapu masuk jurang yg ada dikiri kanan itu...

Dan gw yg tentu saja tanpa dosa naek gunungnya... melakukan yg kek dibawah ini...
Dont try this... kiri kanan itu jurang loh... Y_Y

Setelah "jembatan setan" ini kita bakalan sampe ke puncak pertama... LOH?... TERNYATA DI GUNUNG INI ADA 3 PUNCAK... hohoho...
Dipuncak pertama ini, 5 orang personil kami pun mengundurkan diri (ga tahan lagi) dan pesimis nyampe ke puncak kedua dan ketiga yg kira kira masih ada 2 jam perjalanan normal... dan yg berani dan mempunya cukup kekuatan adalah Gw, Bambang (anak pramuka itu) dan manusia tanpa ekspressi Buchex...
dipuncak kedua...
gunung merapi udah keliatan tapi belom gitu jelas...

Lanjutt ke Puncak berikutnya dengan melewati rintangan seperti berikut...
Menelusuri tebing...
dan kemudian memanjatinya...

Dan akhirnyaaaa... sampainya juga... di puncak paling puncaknya...
waoooww indahnya...
mejeng dunzz...
karna udah panas jaket pun dibuka dann... klik... jeperet...
foto pra-model...

Setelah bernarsis narsisan kurleb sejaman diatas puncak paling puncaknya... puluhan jepret kamera digital pinjaman pun mulai kecapekan... kita pun segera turun kembali ke tempat berpisah tadi sama anak anak yg laen di puncak pertama dan kemudian bersama sama turun...
Dan tak terasa gunung yg kita daki kurang lebih memakan waktu 8 jaman, waktu diturunin hanya kira kira 2 jaman... hahaha... dan taaaddaaa kita pun udah sampe lagi di base camp... legahnya.... selsai juga deh petualangannya dengan tanpa ada sedikitpun yg mengalami sesuatu yg tidak diinginkan... alhamdulillah...

Gilaaa yak panjangnyaa....

*****


Oh iyya.... hampir lupa...

Waktu sebelum brangkat gw sempat smsan ama adek angkat gw si Adek Pikok... yg minta poto poto spesial kalo udah di puncak nanti... dan ini poto2nya adek pikok cayang... hohohoho...
*****

Apdeit: Nanti tanggal 17 Agustus mau naek gunung Merapi neh, hehehe membangkitkan jiwa nasionalis yg ada di dalam diri... 17 Agustusan diatas puncak gunung keknya paling mantaf...

15 comments:

indo said...

Wuizzzz...hebat-hebat, mendaki gunung Merbabu, coz seumur2 gue blum pernah mendaki gunung...hehehe

Pemandangan yang indah...menarik...luar biasa yang didampingi dengan jurang dan jalan yang terjal, jadi pengen pulang....hiks :(

f.i.q.e.l said...

aaahh.
swit bgt fto bwt gwnyaaa.
hihi.
lain kali ajak gw dong bang.
mksh y abang syg.
x)
eh eh pernyataan cinta buat sapa?
buat jimmy?

Fiz said...

Baru kali ini posting si Armsrong full color (full=penuh, color=kolor :D). Eniwei, sodrekan yg mantab Bung.

Brillie said...

Postingan yang panjang nich.. Btw, kok ada acara kebelet boker segala sich? Huahahaha... ga bisa dibayangkan dech, pas pendakian nggembol. HAHAHAHA... LOL

Luthfi said...

Anak yang sehat adalah anak yang mendaki gunung, gitu kata soe hok gie (emang ada apa??).Oleh2nya mana??

Mampir lagi ke blogku ya.. Hehehe

Etha said...

emang paling jago posting panjang2 dech,, hehehehe...

17 agustus ke semeru yah,,
diriku benernya mau berangkat juga,,
tapi karna ada satu dan lain hal,,keknya batal deh...hikz...hikz T-T

Eucalyptus said...

Weleh, rupana kamu ini pecinta alam ya? Kalau yang ini aku gak ikutan ah... hue he he... tatuuuut..
BTW hebat euy bisa daki gunung Merbabu, walaupun harus berpisah dengan yoursoulmate itu loh

ROEL_MANIEZ said...

armstrong!!!!!
KUEREN!!!!!!!!

ikutan duonkz...
jadi pengen nginjek puncak merbabu...

Dtunggu photo2 ke puncak GARUDA...
MERAPI gtu lho...!

ROEL_MANIEZ said...

Gn. SLAMET, Gn. SUMBING ma Gn. SINDORO tepatnya... bukan Gn. Kagak tw....(He8...) (Soalnya UL pernah ke gunung Sindoro, he8...) di sana medannya terjal abiz!!!

lanjuytin lg ya, adventurenya...
kalo perlu jgn climbing to hiking ja, rafting musti dicoba tuh!!!
BERANI GK?!

dondanang said...

ini baru namanya jalan2. Ikut bung dah lama nih gak main ke gunung. hix

Before Sunrise & Before Sunset said...

wuyy naek gunung ouy... ngajak ngajak dongzzz...

oh iya gemana kabar si jimmy?

katanya kmaren abis keluar rumah sakit (baca: bengkel) apa kagak kena hepatitis tuh... hati hati loh ntar ketularan... hehehe...

Rezki said...

weeeww..naik naik kepuncak gunung tinggi tinggi sekali...wuahaha

Benazio R.P said...

waaaa asik banget ke gunung .. seru abiss .. gue belom pernah ih ikutan yang kayak gitu . pasti asik abis deeh .. weh temennya bule arab aheuaahe

The Armstrong said...

Hikzzz naek merapi kagak jadii... T_T

Mama Shasa Shahira said...

waow.. keren banget foto-fotonya.. swear deh om.. duh.. indah banget yaa..?