Sunday, January 27, 2008

Tour de Solo

Jumat, 25 Januari 2008
Neh pertama kalinya gw jalan2 ke suatu kota yang katanya tempat asalnya si "Gatot Kaca" n "Wayang Kulit", disini gw ditemenin ama teman gw yang bernama si "Yudha", berikut ini sedikit tentang si Yudha:

Nama: Pamungkas Patria Yudha (eh yang gw tahu cuman segitu namanya kepanjangan seh..)
Panggilan: Yawudah (menurut gw...)
Asal: Yah dari kandungan orang tuanya lah... lahir di Tegal n gede' di Makassar...
Ciri-Ciri: Hmmm... klo ga salah seh punya hidung satu, mata dua, telinga dua, ama kaki n tangannya juga dua, kulit agak item, pake kacamata, n klo senyum giginya kliatan smua... hehehe... (sapapun kau klo ktemu dijalan anggap ga kenal aja yah???)
Kebiasaan Buruk: Otoriter, Pragmatis, Oportunis, Komunis, Kapitalis (halah tuh smua apaan yah???)
Kebiasaan Baik: Solider (game kartu di komputer.. eh itu Soliter yah??? ato jangan jangan tuh bahasa Inggrisnya tentara opo yah???)
Cita-Cita: Pengen jadi activis kampus untuk saat ini (kayak Soe Hok Gie, tapi katanya ntar klo dah selesai kuliah mo jadi Diplomat gitu... (hehehe gw juga kale'...)
Makanan Favorit: Klo dikantin seh sukanya makan nasi gorengnya Latanza... (klo anak UMY pasti kenal)... nasinya kurang lebih mirip ama warna kulitnya sendiri "Coklat keitem-iteman"
Minuman Favorit: Minuman yang paling terkenal di seantero Jogja dan sekitarnya... yah namanya seh agak gimana gitu klo didengar... yah namanya adalah... jreng-jereng-celng... ES TEH...

Yah kurang lebihnya begitu ding...

Lanjut...

Planning pertama seh kite mo jalan ke Solo "Ba' da' Ashar" hari Jumat n ntar klo dah nyampe di Solo dijemput ama teman gw n besoknya pagi-paginya jalan2 keliling solo sampe capek, trus balik ke Jogja jam2 12-an siang, tapi apa lah daya yang namanya cendol yah bentuknya juga kayak cendol dan yang namanya tai kambing warnanya item trus bulet kecil2 (ga ada nyambungnya)... semua planning itu ancur berantakan...
Dimulai waktu gw ama Yudha dah nyampe ke Solo, tuh hp-nya teman gw yang namanya si "Diana" tapi lebih sering gw panggil si "Kiding (nama bokapnya)"... berikut sedikit tentang Kiding eh Diana ding...
Nama: Rosdiana Kiding
Panggilan: karna gw suka ubah nama orang jadi dia gw panggil si "Roding" sekali lagi gw sampein sama kalian smua neh bukan "Roding Stone" yah???
Asal: satu kampung ama gw di Tana Toraja tercinta...
Ciri-Ciri: karna gw terakhir ktemu ama dia 5 taon lalu, kayaknya dia tuh Cewe' deh, trus punya idung, mata, kaki, tangan, ama gigi... tapi bibir bagian bawahnya agak "Membleh"... jadi klo diperhatiin lama2 bisa kliatan kayak "Donal Bebek" sodaranya pengusaha kaya si "Donal Trump"...
Kebiasaan Buruk n Baik: hmmm gw tau seh klo skarang, tapi dulu tuh dia punya geng yang namanya geng "Kuil" bukan Kuli' loh, Kuil diambil dari kata "Kuda Nil" coz smua anggotanya pada gede kayak kuda nil gitu... gengnya terdiri dari "Senja" n "Maya"... gile men kayak kuda nil... ga tau yah klo skarang coz itu dulu waktu gw SMP...

Lanjut...

Ga tau yah apa hp-nya sengaja ga diaktipin coz terakhir gw sms gw bilang ama dia gw dah mo nyampe ke Solo neh (Si Diana neh kuliah di Solo jrusan Keperawatan)... trus dia ga jawab sampe kami tiba di Solo, n coz perut gw ama Yudha dah ga karuan bunyinya kayak Kucing yang lagi disekap dalam karung, akhirnya gw pun mutusin tuk makan, dan karna kita bwa duitnya cuman pas-pasan akhirnya kita pun mencari "Angkringan", sambil nunggu balasan sms dari si Kiding (Diana), kita pun melahap 3 bungkus nasi kucing (Rp. 700,00 perbungkus), ditambah 4 tempe goreng (Rp. 300,00 perbiji), dan segelas Es Teh (700.00)...
Dua jam kemudian, gw ama Yudha masih setia nunggu sms dari si Kiding tapi tak jua kunjung datang, Si Yudha pun putus asa n menelpon Mbak-nya yg katanya kuliah di Solo jg... dalam hati gw bersyukur dan berucap:

"yah Tuhan engkau memang maha penolong, hampir saja hambamu ini tidur dijalanan coz dah jam 9 malam"

Beberapa menit kemudian, dengan mimik lesu ga bersemangat si Mbak-nya yudha pun datang dengan temannya yang juga kebetulan Mbak-Mbak juga (sama sama cewe maksudnya??), eh klo ga salah namanya mbaknya si yudha tuh Mbak Dhita... walopun bru ktemu ama mbaknya Yudha sekali ini gw dah ngasih sdikit ciri2 buat mbak Dhita...

Nama: Dhita (lengkapnya ga tau...?)
Panggilan: kayaknya dhita juga
Asal: Makassar
Hobby: Hmm apa yah? Kerjain tugas makalah yang dikasiin ama dosen?
Makanan Favorit: Klo ga salah karna tinggalnya di Solo, paling Serabi?
Minuman Favorit: Katanya yang cair, trus warnanya bening, dan rasanya tawar, trus boleh diminum klo dah terlebih dahulu di masak sampe 100 derajat celcius...!!!

Lanjut...

Gw kira kita mo nginapnya dimana, eh ternyate kita diajak si Dhita tuk nginapa di kosnya... HAH.. kan kosnya kos CEWE... wah ga tau neh mo seneng ato deg-degan neh??
Disisi menyenangkan: Kan pastinya banyak cewe2, yang cuman make celana puendek n sexy (menurut survey temanku yang sering ke kosan cewe-nya)... trus cewe2nya jg kadang nyari perhatian lah ama kita (sok kecakepan?)... huh... jadi merinding neh (muka mesum)... tapi...
Disisi menyeramkannya: Setelah mendengar cerita dari teman gw yang katanya "kmaren ada loh laki2 yang digebukin anak2 komplex, coz dia nginap di kosan cewenya, padahal dia cuman nginap n ga lakuin apa2, tapi apalah daya bubur pake ayam namanya bubur ayam? mukanya bonyok sampe sukar tuk dibedain mukanya ama mukanya presenter "4 Mata" Tukul Arwana..." huh jangan2 besok pagi klo gw bangun di depan kosan dah ada orang2 satu komplex dah nungguin gw lagi...

Tapi semuanya berlangsung lancar dan aman...

Pagi2nya si Yudha dapet telpon dari teman satu organisasinya (halah mentang mentang pengan jadi aktifis kampus?), katanya dia dibutuhin skarang di kampus tuk ngurusin proposal music yg diadain ama "KOMAHI UMY"... eh iya gw anak "SEA UMY" loh??? (jaka sembung bawa duren, ga nyambung itu keren)... karna Yudha anaknya yg sangat pengen dikatain Aktifis akhirnya dia pengen balik pke Jogja pagi2nya... lalu gw bilang dalam hati "NEH KITA BARU DATANG KE SOLO TADI MALAM TUK LIBURAN MASAK LANGSUNG BALIK KE JOGJA LAGI BELOM JUGA JELAJAHIN SOLO, EH DAH MO BALIK"... ANJRITTT... yah langsung aja gw bilang ama Yudha, "yawudah lu balik aja men, gw masih penasaran ama solo neh? masih pengen jelajahin solo" lalu si Yudha jawab "serius loh? yawudah gw balik duluan ya?"...

Akhirnya Yudha pun balik naek kereta jam7 pagi, dan dengan modal sedikit petunjuk dari Yudha yaitu "Wan ntar klo ada bus yg tulisannya "AT MO" lu naek aja itu keliling kota solo ko"...

Gw pun bertualang sendirian di kota Solo ini...

Tempat pertama yg gw kunjungi adalah... tentu aja MOL-nya yg namanya "SGM" (kayak nama susu bubuk), trus tempat GALERI SENI (gile disono banyak amat Gatot Kaca), stadion MANAHAN (manahan lapar dan haus namanya Puasa), dan banyak lagi tempat yg laennya...

Jam 1-an siang, gw pun capek... coz ga ada tempat tinggal di Solo gw pun rencana mo langsung balik aja ke Jogja... Pas ditengah jalan waktu mo ke "Stasiun Balapan", jalanan macet n gw tengok kesono kemari... ada apa seh?... ternyata ada konser... HAH band favorit gw ada di Solo... ENDANG SOEKAMTI (Punk Rock) ama SHAGGYDOG (Ska) lagi jadi bintang tamu di acara PENSI-nya anak SMA 2 Solo, yah gw pun turun... dan langsung ke loket jualan tiket buat nonton tuh acara... ENDANG ama SHAGGY bru manggung jam2 3-an, trus yang ngisi pembukaannya ada SEXY DANCER, Band Indie Solo, Model2 SMA 2, dan tau ga? semuanya MEMBOSANKAN (katrok lah?)... 2 jam pun berlalu... pas lagunya ENDANG SOEKAMTI orang2 pada jingkrak2 ga jelas, dan membangkitkan kelakuan binal bagaikan kodok yg udah lama dikurung di sangkar dan dibebaskan tuk melakukan ritual di pedalaman (ga nyambung), gw pun lansung lompat ke kerumunan penonton yang lagi jingkrak2, dan gw dengan sukses menjadi GILA... setelah 6 lagu dari ENDANG SOEKAMTI gw jingkrak2 ga jelas dan ga karuan, dan dilanjutkan dengan 6 lagu berdansa dari SHAGGYDOG, tau ga gimana gw BERDANSA (ga usah yah, ntar pada Muntah lagi?)....

Gilaaa...

Waktu kok cepat amat berlalu, jam dah nunjukin... HAH... dah jam 6.30... dah Magrib... kereta terakhir ke Jogja jam7... mana Bus AT MO dah ga ada klo jam 5 lagi... trus jarak antara SMA 2 ama Stasiun Balapan sekitar 2 kiloan, yah mana dah capek dah jingkrak ama dansa2 yang ga pernah jelas lagi... gw pun sabar dan mulai menapak jalan menuju Stasiun... sekitar 15 menitan gw akhirnya sampe dengan tergesa2 gw beli tiket di loker... dan ALHAMDULILLAH... masih ada waktu 5 menit lagi, gw pun ke mushollah dan nyuci muka n ngelap semua keringat yang melekat disekujur tubh gw (Hoekzzz JIJIK) kmudian lanjut sholat magrib... skedar info "gw sholat dhuhur n ashar di mesjid dekat SMA 2"...

Hah... akhirnya kereta pun melaju dengan cepatnya... gw tengok kiri kanan mencari tempta yg asik tuk duduk... mata gw tertuju ke seorang cewe yg lagi duduk sendiri... gw samperin dan terjadilah dialog sbb:
Gw: Mbak boleh duduk disin (sambil nunjuk kursi didepannya yang kosong)...
Mbaknya: (diem aja tanpa respon)
Gw: Mbak kuliah di Jogja yah?
Mbaknya: Ga' (dengan mimik agak keganggu dengan bau amis dari tubuh gw)
Gw: Kerja yah mbak (gw nanya lagi)
Mbaknya: Iya'? (dengan mimik muka memelas agar gw cepat lenyap dari hadapannya)
Gw: Kerja dimana mbak? (gw ngoto naya mulu)
Mbaknya: Kerja di Jogja lah? (sembari ngambil telpon n pura2 nelpon pacarnya)
Gw: (super gondok) Makasih yah mbak, sori menggangu? (gw pergi pindah kursi ke gerbong sebelah dengan sakit hati bagikan abis tersayat sayat pake pisau tumpul... hikzzz)

Yah iyalah gimana ada cewe pengen deketan ama gw dari tadi malam waktu nyampe di Solo gw belom mandi, mana abis jingkrak2 dengan orang2 yang juga belom pernah mandi, sampe gw ktemu ama tuh cewe.. (Bisa dibayangin gimane BAU-nya gw waktu itu?
(siapa pun mbaknya yang ketemu gw diatas kereta segeralah mandi wajib coz anda baru saja ketemu ama najis Mugallazah...)

Diatas kereta... duduk sendiri... hikzz... ga ada yg menemani... hoekzz.. dari pada bengong duduk ga ada kerjaan, gw cek tasku... eh ternyata ada novel "BILLY 24 Wajah"... stengah jam kmudian... HUAAHHHH... ngantuk neh?... dah 20an halaman terlampaui, gila men critanya keren... hummm akhirnya bosan juga... tutup buku n jalan mondar mandir dalam kereta... nanya ama penumpang disamping gw "mas neh dah dimana yah?", dah di lempuyangan mas (dia jawab)... hmmm brarti bentara lagi nyampe di "Stasiun Tugu" neh... kemasin barang barang... TOT TOT TOT... dah nyampe... dengan harapan ntar klo dah kluar dari Stasiun mo langsung naek ojek n pas nyampe ke kos TIDUR... eh ternyata hujan turun gerimis tapi pasti... HAH gw keujanan, mana ga ada ojek lagi, second options is naek Becak, gw nengok kiri kanan ga ada juga???... HAH CAPEK... yah berhubung stasiun dekat ama Malioboro, yawudah gw jalan kaki lagi deh di sepanjang malioboro, (info: jalan Malioboro kurang lebih 1km lebih dikit)... disepanjang malioboro kan banyak orang lalu lalang, dan dengan menengok kembali bahwasanya betapa BAUnya badanku ini (bisa dibayangkan gimana ekspresi orang yang berpapasan ama gw??)... dah ujan, keringatan, ga mandi, ketek dah berasap, mulut kayak bau bangkai, duh HIDUPku ini (info: disepanjang Malioboro emang banyak becak tapi MAHAL bung, mending jalan kaki... hehehe... hemat apa pelit yap)... akhirnya nyampe juga di ujung jalan malioboro... dah ngantuk banget... CAPEK pastinya... hah seberrkas cahaya lampu jalan menemani langkah gw tuk mengarungi derah derah hujan yang jatuh (jadi ngelantur coz efek dari capek)... HAH ada becak, dan negosiasi pun berlanjut, tanpa banyak kata, gw langsung nawarin ke Bang Becak, "Bang sampe Gang Ontorejo 5000,00 uyah?" dan dengan sedikit lagak bang becak jawab "oke!!"... gw pun resmi naek becak sampe kekos-ku dengan selamat... nyampe di kos gw langsung TIDUR...

Hzzzzzzzzzzzzzgsdgs,gsd......

Bye...

No comments: